Cara Masukan Data Siswa Umum Di Emis TP 2019/2020....!!!

Assalamualaikum wr.wb, lama tidak berjumpa tentang artikel saya membahas Aplikasi Emis sudah yang sudah kembali dimulai untuk awal Tahun Pelajar 2019/2020 Semester Ganjil, jadi apa saja yang harus kita kerjakan pada awal semester ini.

Baca Juga : Revisi Terbaru Aplikasi Buku Induk Revisi 2019 Madrasah MI, MTs, & MA...!!!
Jadwal Pendataan EMIS TA 2019-2020 Insyaa Allah akan dimulai pada bulan Juli 2019, dengan urutan pengisian data :
  • Siswa Lulus dan Naik
  • Profil Siswa Baru di kelas awal/PPDB (kelas 1, 7 dan 10).
Jadi untuk sementara ini di awal Tahun Ajaran baru kita hanya bisa menambahkan siswa serta Meluluskan siswa serta menaikan siswa saja, dan juga kita harus memasukan siswa ke dalam rombongan belajar yang pada tahun ajaran sekarang, jika ada siswa yang tidak naik kelas dapat dipindahkan kelas yang awalnya otomatis naik kelas 8 kembali ke kelas 7 atau sebaliknya untuk MI dan MA.

Sedangkan untuk memasukan data siswa sesuai info yang saya dapatkan bahwa untuk pendataan PPDB atau Peserta Didik Baru Tahun Ajaran ini tidak lagi memakai excel melaikan jika siswa bersangkutan lulusan dari madarsah dapat di tarik melalui menu Siswa Baru Madrasah sedangkan jika siswa baru adalah sekolah umum maka harus dimasukan melalui menu Siswa Baru Umum.

Kenapa harus melalu meni Siswa Baru Madrasah untuk siswa yang lulusan dari madrasah karena jika ditemukan saat siswa tersebut adalah lulusan dari madrasah ditambahkan melalui menu Siswa Baru Umum maka tidak akan bisa karena nanti akan ada peringatan bahwa data sudah ada.

Terus bagaimana cara menambahkan data siswa melalui menu Siswa Baru Umum kenapa setelah berhasil ditambahkan tidak tersimpan datanya, atau kenapa data tersimpan kenapa tidak tampil akan saya bahas tuntas di artikel ini oke tanpa panjang lebar akan saya jelaskan satu-satu.

Cara Menambahkan Siswa Baru Umum

Cara menambahkan siswa melalui menu Siswa Baru (Umum), Login sebagai Operator madrasah lalu klik menu Kesiswaan > Siswa Aktif  > Siswa Baru.
Setelah itu silahkan isi semua data siswa yang akan di masukan dengan lengkap maka klik saja simpan.
Tunggu beberapa saat, silahkan kalian pilih menu Kesiswaan lagi > lalu pada Siswa Aktif klik kanan > pilih Buka Tautan di Tab Baru.


Jika setelah Tab baru terbuka maka akan seperti gambar dibawah ini, didalam kolom warna merah ada data siswa yang kosong artinya datanya telah masuk.
Terus bagaimana agar data siswa tampil, caranya cukup mudah silahkan kalian klik menu Aksi > lalu pilih Ubah Profil Siswa.
Selanjut akan seperti gambar dibawah silahkan yang saya kolomkan warna merah harus kalian isi jika sudah diisi kalian simpan. (disini kenapa untuk Nis Lokal yang sudah kita isi pertama kali tidak terekam itu saya kurang tau, jadi kita harus input lagi dan setelah kalian simpan nanti akan tampil dan tidak hilang untuk nis lokalnya).

Setelah kalian simpan maka akan ada notifikasi Berhasil artinya datanya telah berhasil kalian Update.

Tadaaa..... data yang awalnya kalian input tidak tampil maka akan tampil...

Selamat Mencoba.... Semoga Bermanfaat....
Wassalamualaikum wr.wb...


 

Comments