Cara Blokir Pengguna Gelap di Wifi Indihome GPON Home

Mungkin pastinya kesel wifi kalian atau wifi kantor, dll kalian digunakan atau di bobol oleh remaja maupun orang-orang yang pandai dalam penggunaan Aplikasi Android karena sekarang jaman sangat canggih sampai-sampai untuk android pun mengeluarkan beberapa aplikasi pembobol wifi yang legal di playstore maupun di google sangat merugikan oleh pihak yang mempunyai wifi.

Baca Juga :

Tapi tenang kali ini saya kasih solusinya biar si pembobol jera dan tidak bisa lagi akses wifi kita, cukup kita Blokir saja MAC Address mereka, kenapa harus blokir MAC Addres apa itu cukup buat mereka tidak dapat bobol wifi kita lagi? mungkin itu yang ada didalam benak kalian.

Sebelum saya lanjut mungkin saya akan jelaskan dulu apa itu MAC Address dan Perbedaanya dengan IP Addres pada komputer :

Apa itu MAC Address Pada Android dan Komputer

IP address digunakan sebagai alamat host (yaitu perangkat yang terhubung atau mengakses ke jaringan komputer), sekaligus sebagai identitas dan sumber informasi dari perangkat lunak komputer maupun HP Android.

IP Address umumnya terkait dengan perangkat keras jaringan, di perangkat komputer atau smartphone.  Pada perangkat komputer sebutannya, adalah NIC (network interface card), atau Local Area Network (LAN) adapter, atau ethernet adaptor. Intinya perangkat keras yang menghubungkan komputer dengan jaringan.

Sedangkan, pada smartphone Android, hardware yang memungkinkan kamu terkoneksi jaringan wireless maupun wifi, ada dalam SoC (system on chip) biasa disebut Chipset, contoh chipset Snapdragon.

Nah, setiap hardware jaringan pada komputer maupun android tersebut, punya alamat hardware yang disebut MAC (Media Access Control). Jadi IP adress berubungan dengan TCP/IP (perangkat lunak jaringan), sedangkan MAC address berhubungan dengan perangkat keras jaringan.

Fungsi dari MAC address

MAC address pada komputer maupun Android, sudah diberikan sejak proses pabrikasi. Sebuah MAC Address terdiri dari 6 set, masing-masing berisi 2 digit unik kombinasi huruf dan angka. Sebagai contoh, 00:0a:5a:46:4d:16

Semua perangkat komputer maupun android android punya MAC address unik, dan permanen. Hal, ini akan memudahkan untuk mengenali perangkat yang terkonesi dengan jaringan, misal pada jaringan wifi.

Pada router jaringan, MAC address sering digunakan untuk keamanan. Seperti, MAC filtering. Contoh, Router wifi kamu bisa memblock MAC address, maka perangkat yang di blok tersebut tidak akan bisa terkkoneksi dengan wifi.

Mengetahui Mac address android lewat Setting HP

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan untuk mengetahui Mac address adalah membuka menu setting pada smartphone android yang Kamu miliki.
  • Gulir kebawah dan tap tentang ponsel (About Phone)
  • Gulir kebawah lagi, dan tap Status
  • Akan tampil alamat MAC pada bagian Alamat MAC wi-fi (Wi-fi MAC Address)
cara mengetahui mac address android

Sekali lagi, kode dari MAC Address ini adalah identitas Perangkat keras Smartphone. Jadi misalkan kamu membuat hotspot dari Android, akan muncul MAC address dari perangkat yang konek hotspot kamu. Kamu pun bisa memblokirnya jika tidak ingin ada perangkat yang tidak diijinkan konek hotspot.

Mengetahui Alamat MAC Android dari Router Wifi GPON

Selain mengetahui dari perangkat Android itu sendiri, kamu juga bisa mengetahui Alamat MAC Address lewat perangkat router wifi kamu. Untuk bisa melihatnya, hanya kalau Router wifi itu milik kamu sendiri.
  • Langkah pertama, kamu harus login ke router wifi kamu, umumnya alamat login router adalah 192.168.1.1, kemudian masukan user dan password router kamu (username : admin | password : admin default dari wifi router)
  • Contoh pada router indihome GPON HOME, lokasi alamat MAC ada di  Status>> Home Networking>> di Bagian Local device >> Hardware Address

Tentunya penggunaan wifi bukanlah sebuah hal asing, oleh karena itu maka sudah tidak membuat Kamu bingung bukan untuk membuka menu wifi dalam setting perangkat yang Kamu miliki.
Mengapa mengetahui MAC address menjadi penting? Dikarenakan beberapa router punya fitur MAC filter, yang mampu mengontrol jaringan ataupun network yang dapat terhubung dengan perangkat wifi kamu.

jadi jika MAC address ini kalian blokir otomatis dia tidak dapat lagi menggunakan wifi kalian, kecuali dia instal ulang hp androidnya agar bisa ngehubungin lagi ke wifi kita :v.

Cara Blokir Mac Address di Router Wifi GPON Home 

  •  Langkah pertama, kamu harus login ke router wifi kamu, umumnya alamat login router adalah 192.168.1.1, kemudian masukan user dan password router kamu (username : admin | password : admin default dari wifi router).

  • Kedua kalian copy MAC Address si pengguna gelap itu ada di  Status>> Home Networking>> di Bagian Local device >> Hardware Address.

  • Ketiga silahkan lanjut ke menu Security >> MAC Filter >> di bagian MAC Address paste MAC Address yang sudah kalian copy tadi >> pada MAC Filter Mode kaliah pilih Black >> lalu klik Add 

  •  dan sukses, silahkan kalian cek lagi di Home Networking >> Refresh >> lalu si pengguna gelap itu sudah hilang dan tidak dapat mengakses wifi kita lagi.

Mungkin ini saja artikel dari saya, Semoga Bermanfaat, jangan lupa Kunjungi juga Channel Youtube saya di : MAL Chanel78

Comments

Post a Comment